Saturday, September 27, 2008

Bertanya tentang Mini Implant Anchorage

Karena masih ingin tau lebih lanjut tentang mini implant anchorage, maka aku mencoba menanyakannya kepada drg. Wayan Ardhana, Ms, Sp.Ort. melalui situs http://pptik.ugm.ac.id

Situs ini aku dapatkan dari link pada situs pribadi beliau di http://wayanardhana.staff.ugm.ac.id

Bukan pertama kali aku berkomunikasi dengan beliau, karena sebelumnya pernah chatting via YM dan berkirim e-mail. Suatu kehormatan bagi pasien sepertiku, untuk bisa berkomunikasi dan konsultasi dengan beliau. (Beliau ternyata merupakan salah satu dosen FKG UGM, dosen-nya drg. Andi Triawan, Sp.Ort juga). Responsif. Informasi yang diberikan beliau sangat bermanfaat bagiku. Salut dan terima kasih, Dok!berikut petikan pertanyaanku dan jawaban dari drg. Wayan:

27-09-08 12:28 http://ummul-orthodonti.blogspot.com
kapan mini implant anchorage diperlukan? seberapa besar pengaruhnya terhadap pergeseran gigi? pada kasus saya (lihat di http://ummul-orthodonti.blogspot.com) perlukah mini implant anchorage?

27-09-08 09:15 wayanardhana jawab utk. ummul
Mini implant anchorage diperlukan, apabila :
1. Pemakaian dental dan extra oral anghorage tidak memuaskan menghasilkan gerakan gigi yang diingingkan
2. Tidak diinginkan terjadinya pergerakan gigi anghorage ke mesial akibat kekuatan resiprokal
Mini implat merupakan pilihan anchorage alternatif, jika dengan anchorage konvesional sudah cukup memberi hasil gerakan gigi yang diinginkan tidak perlu menggunakan mini implant termasik kasys anda.


Jawaban yang aku peroleh sangat melegakan. Bahwa untuk kasusku, tidak perlu mini implant anchorage.

1 comment:

Anonymous said...

helow, sy shinta , maaf baru baca comment nya..thanks ya..

saya baru aja liyat blog umul2..bagus.jadi inget waktu saya jalanin semua itu..iya serem,ngeri,cabut gigi dlsb.tapi sebelum dan sesudahnya berasa banged ya.....

sekarang saya udah proses finising. jadi 1/2 bln lagi udah dilepas udh 9bln saya pake behel..kata dokternya tinggal pakai retainer ato apa gt..kayak behel tapi bs di pasang pas tidur aja.dulu gigi saya jg berantakan, yang bawah renggang2.
gigi atas di cabut2biji, yang bawah krn renggang jadi tinggal di rapetin aja..hasilnya luar biasa. sekarang rapih.

keep sharring yah...
shintashin.blogspot.com