Thursday, May 21, 2009

Kontrol Ortho (Orthodontic Visit, May 20th 2009)

Pada kontrol ortho yang jadwalnya dimajukan ini (mestinya minggu depan) karena archwire atau kawat gigi bergeser, kawat gigi yang dibenahi cuma yang bagian bawah. Syukurlah, ternyata kawat gigi yang nongol kemarin bukan karena gigi molar atau gigi geraham yang tertarik, tapi cuma karena kawat gigi yang melesat tegeser ke sisi kiri. Jadi, anchor gigi gerahamnya baik-baik saja. Tidak lebih dari 15 menit, drg Andi T, Sp.Ort sudah selesai membenahi posisi kawat gigi bawahku. Aku merasa "istimewa", karena hari itu aku adalah pasien tunggal yang ditangani drg Andi, Sp.Ort. (Terima kasih, Dok!)

Gigi atas masih "diistirahatkan" sembari menunggu ruang yang sesuai dengan gigi bawah, agar memperoleh gigitan yang pas. Tidak ada pergerakkan yang signifikan. Sementara ini, masih ada sedikit celah di samping gigi taring. Tidak terlalu terlihat kalo masih "pong-nggir" alias ompong di pinggir.

Kalo mau melihat perbedaan posisi canine atau gigi taring, dari sebelum perawatan orthodonti (Desember 2007), setelah cabut gigi, pergerakan gigi taring dari bulan pertama, hingga posisi gigi taring di Bulan Mei 2009, bisa dilihat di gambar berikut ini:

No comments: