Friday, May 1, 2009

Orthodonti dan Kawat Gigi dalam Pandangan Islam

Aku ingin bercerita kilas balik, saat konsultasi awal. Dari hasil mencermati kondisi gigiku, dokter mengatakan bahwa untuk mendapatkan gigitan yang baik, aku membutuhkan ruang gigi. Sehingga dua gigi geraham kecil (first premolar) atasku perlu dicabut. Setelah itu, perawatan orthodonti segera dilakukan. Pemasangan behel atau kawat gigi bisa dilaksanakan.
Ada beberapa hal yang aku pikirkan saat itu. Pertama, gigi upper first premolar-ku sangat sehat. Kedua, aku sangat takut dengan "tindakan medis berdarah-darah", aku takut cabut gigi. Ketiga, karena aku seorang muslim, aku merasa perlu mencari tahu hukum orthodonti dalam pandangan Islam.

Mengenai orthodonti dalam pandangan Islam, bisa dilihat di link berikut ini:


Aku memang berniat merawat kesehatan gigi dan kesehatan tubuh. Semoga langkah yang telah aku tempuh tetap berada di jalan-Nya. Aamiin...
:-)

No comments: