Thursday, April 30, 2009

Kawat Gigi, Gigi dan Cara Mengunyah Makanan

Kehilangan gigi geraham (first molar) ternyata sangat mempengaruhi cara mengunyah makanan. Sebenarnya aku merasakan hal ini sudah cukup lama. Bayangkan saja, dengan adanya ruang kosong di (bekas) gigi geraham (first molar), bagaimana cara aku mengunyah makanan. Makanan tidak bisa dikunyah sempurna, karena gigi geraham atas bekerja sendirian. Makanan dengan leluasa menghindar dari tekanan gigi geraham atas. Jangankan mengunyah daging, mengunyah jelly aja jadi aneh!


Tetapi "kesadaran" untuk merawat kesehatan, terutama kesehatan gigi baru muncul di pertengahan tahun 2007. Terlambat memang. Namun, pepatah mengatakan: lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Tak terasa dari awal konsultasi gigi (akhir November 2007) hingga sekarang, sudah berjalan 17 bulan, aku masih menikmati proses perawatan gigi ini. Aku masih menikmati kebersamaan dengan behel, kawat gigi, acrh wire, bracket, band, hook, rubber band, elastic ligature, power o, power chain, open coil, dan lainnya (apa pun namanya, aku juga kadang nggak mengerti).

No comments: