Thursday, April 16, 2009

Buku Seluk Beluk Kawat Gigi

Ada buku baru tentang behel atau kawat gigi. Judulnya "Seluk Beluk Kawat Gigi", ditulis oleh: drg Chaerita Maulani.


Informasi tentang buku ini bisa dilihat di http://elexmedia.multiply.com

:-)

Berikut cuplikan dari http://elexmedia.multiply.com

Buku Seluk Beluk Kawat Gigi
Category:Books
Genre: Health, Mind & Body
Author:drg. Chaerita Maulani

Orthodonti saat ini diminati dan digemari oleh remaja dan tidak hanya sebagai kebutuhan dalam perawatan saja, melainkan sudah masuk ke lingkup trend dan gaya hidup. Dengan alat orthodonti mereka bisa punya bahasa yang sama tentang kunjungan ke dokter gigi, rasa yang diakibatkan dalam memakai kawat, warna karet bracket yang bisa diganti-ganti, dan dari segi ekonomi bisa menampakkan prestis `kemampuan membiayai` pemasangan sebuah alat orthodonti.

Dari sudut pandang kedokteran gigi, tidak semua orang butuh alat orthodonti, namun juga tidak semua orang yang sebenarnya butuh, tidak tau harus memakai kawat gigi, karena tidak begitu perduli dengan penampilannya.

Sesungguhnya orthodonti tidak semata merapikan gigi supaya enak dilihat, tapi juga mempengaruhi gigitan yang dipakai untuk pengunyahan sehari-hari, mempengaruhi fungsi bicara, mempengaruhi penyikatan gigi harian dan dengan gigitan yang baik, menjaga otot pengunyahan dan sendi rahang tidak sakit karena harus mengkompensasi gigitan yang tidak sempurna.

Masalahnya, tidak semua orang kompeten untuk merawat perawatan orthodonti cekat, karena pelajaran dalam kedokteran gigi umum membatasi perawatan pada kasus mudah dengan alat orthodonti lepasan. Sehingga perlu petunjuk untuk masyarakat umum memilih dokter gigi yang akan merawat kasusnya dengan hasil akhir yang baik dalam segi estetis, fungsi dan keberhasilannya.

Kegagalan orthodonti ditandai dengan relaps/gigi kembali pada tempatnya setelah diberi kawat dan pengunyahan tidak berlangsung dengan nyaman akibatknya otot dan sendi rahang terasa sakit. Buku ini akan membahas perawatan orthodonti dari sudut pandang pasien remaja dan dewasa, hal-hal apa yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan perawatan orthodonti, bagaimana memilih dokter gigi yang tepat dan apa tolok ukur keberhasilan perawatan orthodonti.


Editor’s Note
Buku ini membahas secara jelas tentang kawat gigi


Spesifikasi Buku
Id Produk: 17009020052
Nama Editor: Yulia
Kelompok: KESEHATAN
Kategori: KESEHATAN UMUM
Ukuran: 14 X 21 CM
ISBN: 9789792741940
Harga: Rp. 34800
Tgl. Terbit: 24,February 2009
Target Pembaca: umum, terutama remaja

Ada visitor http://ummul-orthodonti.blogspot.com yang sudah membaca buku Seluk Beluk Kawat Gigi? Bisa memberikan komentar terhadap buku tersebut?

3 comments:

Unknown said...

Halo Ummul...Alhamdulillah buku ini bisa bermanfaat untuk Ummul, semoga juga demikian untuk orang yang membutuhkan pertimbangan dalam perawatan ortodonsi..Buku ini hanya sebagai penuntun, semoga para calon pasien ortodontis bisa berkomunikasi baik dengan dokter gigi/ortodontisnya seperti sdri Ummul..Salam. Drg C.Maulani

ummul said...

Drg C.Maulani, sungguh suatu kehormatan bagi saya, Dokter telah mengunjungi blog ini. Buku yang Dokter tulis telah menambah wawasan saya mengenai orthodonti. Semoga buku "Seluk Beluk Kawat Gigi" ini kemanfaatannya bisa semakin meluas.

Tetap semangat, tetap berkarya, tetap menulis, dan tetap tersenyum, ya Dok!

:-)

Unknown said...

Hallo Ummul...dimana ya saya bisa dapatkan buku ini? bisa tidak di beli secara online? terima kasih...