Wednesday, June 4, 2008

Biaya Pemasangan Kawat Orthodonti

Jer basuki mawa bea. Kalo mau mewujudkan sesuatu, perlu mengeluarkan biaya. Pepatah Jawa ini tepat. Dalam konteks ini, kalo mau merawat gigi ya mesti menyiapkan biaya juga lah. Jadi memang perlu direncanakan dengan cermat kalo mau neraca keuangan nggak kacau balau.

Sesuai kesepakatan (di beberapa klinik gigi bahkan ada kontraknya juga), biaya untuk pemasangan kawat orthodonti di gigi atas dan bawah sebesar 6 juta rupiah. Boleh dibayar tiga kali. Pertama 3 juta, dibayarkan pas pertama pasang kawat. Selanjutnya bisa dilengkapi sesuai kesepakatan, misalnya bulan berikutnya hingga dua bulan ke depan diangsur 1 jutaan tiap bulan. Biaya tiap kontrol (biasanya tiap 3 minggu sekali) sebesar 80 ribu rupiah. Bila ada tindakan tambahan, dimungkinkan ada biaya tambahan juga, seperti misalnya mau membersihkan karang gigi, tambal gigi (jika ada gigi yang bolong) dan cetak gigi. Nanti (tapi nantinya masih lama), kalo gigi sudah benar-benar rata dan stabil, dan kawat gigi sudah dilepas, maka akan ada pemakaian retainer. Kalo nggak salah, biayanya sekitar 750 ribu rupiah.



Ya, setelah tung-hitung-hitung tabungan, dan posisinya aman, ayoo...OK aja.

Padahal, kalo mau jujur ya… saat itu aku punya 2 pilihan rencana dengan tabunganku: bikin pondasi rumah atau memperkuat ”pondasi” gigi. Pilihan kedua aku ambil dengan pertimbangan skala prioritas dan kesesuaian waktu. Perawatan gigi akan lebih efektif dan efisien bila dilakukan ketika tulang belulang masih kuat. Aku kan bukan ABG lagi yang lagi masa masa pertumbuhan, jadi mesti berpacu dengan waktu demi mengejar keoptimalan hasil perawatan gigi ini.

Yoi.., jer basuki mawa bea.
Aku niatkan untuk merawat karunia-Nya…


Bismillahirrahmaanirrahiim.. Semoga ini bagian dari ibadahku.

7 comments:

Unknown said...

sya ingin mennyakan bberapa hal..
permulaan dulu yah..gigi saya banyak yg bolong dan akhirnya sudah di tambel..(gigi geraham)
saya jg ingin memasang behel..
pertanyaan saya adalah apakah tambelan di gigi geraham saya akan copot bila di pasang behel??
karna saya mencari artikel tersebut di blok anda tidk ada.. tolong di jawab melalui email saya abinkbombay@gmail.com.
trimakasih.

nicky said...

kalau braket ya lengkap dari kita dan kita cuma bayar biaya pemasangan saja bisa ga ya kira" ?
ada rekomendasi ga di solo ma di jogja ?
gigi q ada gingsul ya nie berantakan..
thx b4

ummul said...

@ Abink:
secara teknis, dokter orthodontist anda akan lebih tau kekuatan tambalan gigi anda, coba tanyakan langsung ke dokter anda.

@ Nicky:
kalo di jogja, bisa ke dental center
kalo di solo, bisa RSI yarsis

Unknown said...

kalo di magelang dimana?

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ema Yarsi said...

Alamat klinik Orthodonti yang Mbak ikuti lokasinya di mana? Punya informasi klinik behel di Samarinda ga? makasih.

Ema Yarsi said...

kalo di Samarinda, alamat kliniknya di mana?