Friday, June 6, 2008

Minggu Pertama (Masa Penyesuaian)

Minggu pertama merupakan masa penyesuaian. Baik untuk sekedar ”menutup dan membuka mulut”, cari posisi yang nyaman untuk tersenyum dan bicara, maupun penyesuaian pola makan. Aku yang hobby makan kacang, dengan penuh kerelaan ”say good bye” kepada kacang tersayang. Beberapa makanan yang tidak mendukung atau mungkin menghambat proses juga sebaiknya dihindari, misalnya makanan yang terlalu keras, lengket dan terlalu manis.

Karena behel dipasang dengan lem khusus, di minggu pertama ini kita juga rajin-rajin nge-check behel benar-benar nempel di gigi dengan ”setia” atau nggak. Supaya lem melekat dengan baik, muai susut lem juga mesti dijaga dengan pola makan yang benar. Maksudnya, menghindari makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin akan mengoptimalkan daya rekat lem tersebut. (Eh pesan ini juga berlaku untuk menjaga kesehatan gigi setiap hari ya, bukan cuma karena sudah pasang kawat gigi).
Cara menggosok gigi pun jadi perlu ”dipelajari” kembali, karena ada lekukan-lekukan yang perlu ”perhatian” khusus. (Silakan lihat di situs http://www.ptortho.com)
Ada hal yang sepertinya sepele, tapi harus diperhatikan, yaitu: waspadalah terhadap makanan yang berwarna dan bisa meninggalkan bekas warna di karet. Warna yang menempel bisa mengganggu penampilan (apalagi saat karet yang dipakai transparant atau warna-warna muda), jadi nggak sedap dipandang aja.

Masih berani tersenyum?!
Masih senyum dong!

No comments: